Book Report: Ranah 3 Warna

Memutuskan untuk mengambil book report yang kedua, dengan sedikit suntingan agar lebih indah. Ternyata ini merupakan book report yang pertama kali ditulis.

“Man Shabara Zafira”: Siapa yang bersabar akan beruntung.

Buku ini merupakan buku ke-2 dari trilogi Negeri 5 Menara. I really like it as much as the first one if not more. sebelumnya, mantra mujarabnya itu ‘Man Jadda wa Jada” Siapa yang bersungguh-sungguh akan berhasil. Nah, ternyata, kesungguhan itu tidak cukup. Di antara usaha dan keberhasilan ada jembatan yang bernama sabar. Karena tidak semua usaha kita bisa mulus dan sukses, kita perlu kesabaran untuk bertahan. Sabar itu berarti percaya pada Allah SWT, bahwa Ia tahu yang terbaik untuk kita, bahwa setelah kesulitan ada kemudahan.

Setelah membahas kehidupan Alif sebagai santri, buku ini memusatkan ke kehidupan Alif sesungguhnya selepas dari pondok. Alif lebih dihadapkan pada kenyataan hidup dan ujian yang lebih berat dari sekadar ujian sekolah.

Kepedihan dan perjuangan Alif menghadapi semua itu benar-benar dapat dirasakan. Rasanya benar-benar terbawa dalam ceritanya. Saat Alif kesal karena diremehkan, saat ia penat belajar, saat ia berhasil membuktikan, juga saat Alif benar-benar berada di titik terendahnya T_T. Yang mengagumkan, Alif menerapkan segala yang pernah ia dapatkan di Pondok Madani. Alif tidak lupa semua nasehatnya. Mental pondoknya itu yang inspirasional. Jadi ikut bangga saat usaha keras dan sabarnya membuahkan hasil. Perasaan kayak ‘he deserves it’ itu berkali-kali muncul🙂 Rasanya jadi pengen sekolahin anak ke Pondok ‘Madani’ haha.

Lagi-lagi rasanya seperti membaca jurnal pribadi Alif. Dari situ bisa terlihat kalau Alif itu  manusiawi sekali. Alif bukan manusia sempurna yang selalu baik. Ada saat-saat dia iri, lelah, buruk sangka, bahkan malas. Tapi pribadinya yang selalu reflektif yang membuat dia menjadi lebih baik. Itu yang mly pribadi sukai dari Alif.

Ranah 3 Warna adalah buku sambungan kisah Alif yang menarik dan inspirasional!

“Man Shabara Zafira!”

12/7/13 09.40 PM

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s