Garuda di Dadaku ada Garuda

Satu lagi film Indonesia yang Melly suka. “Garuda di Dadaku”. Tapi disini Melly ga bakalan ceritain sinopsisnya atau naro Trailernya. Karena kalo kalian search di google, udah banyak banget yang nulis resensi tentang itu, bahkan di blog-blog yang melly baca, jumlahnya puluhan! Kayaknya abis pada nonton tuh, langsung pada nulis. Selain Melly termasuk orang yang telat jadi penggemar film ini (dan khususnya Emir Mahira *Kyaa XD*), kalo nulis lagi kan jadinya basi, hehehe

Pertama kali liat bukunya di Gramedia Jameson (hehe), Melly udah tertarik, karena, satu: itu keluaran Mizan, kedua: yang nulis Benny Ramdhani, dan ketiga: Tampilannya, dari segi judul dan kover menarik (belum suka Emir tuh). Dan dari situ jugalah Melly tau kalo bakalan ada filmnya.. Namun Melly ga langsung beli karena ga mampu (hingga ia pun hanya bisa pasrah masuk ke dalam list books to buy).

Sekitar, mungkin sebulan kemudian, munculnya iklan filmnya di TV. yang pertama Melly liat sih, di Showbiznya metro tv. Walaupun ga liat lengkap, tapi udah berasa pengen nonton, dan kayaknya bagus nih film. Dan semakin pengen beli trilogi bukunya.

Akhirnya hari kamis kemaren (9/7/09) nonton juga di BP. Dan inilah kesan yang Melly dapetin:

1. Bayunya Lucu (Emiiiiiirr Mahiiraaa)


2. Aktingnya Natural, dan pas dengan anak-anak jaman sekarang (pemakaian kata lo-gue dengan teman, iseng, kritis namun tetap polos). Menurut melly, filmnya simpel, jalur ceritanya ya begitu aja. Cuma banyak banget pesan yang bisa kita ambil dari cerita itu. Dengan cerita yang mudah dimengerti oleh anak-anak sekalipun, filmnya ga bikin kita bosen, karena adanya banyolan-banyolan Bang Dulloh, keisengan anak-anak, dan kisah cinta monyet Heri dan Zahra.
Yang paling penting adalah kisah perjuangan Bayu dalam meraih mimpinya, ditengah dilema antara kakek yang disayanginya, dan kecintaannya terhadap sepak bola .

Semua karakternya berakting alami dan sesuai dengan karakternya masing-masing. Melly suka banget sama Heri (Aldo Tansani), yang udah jadi Motivator dan ‘manajer’nya Bayu. Tokoh yang paling hebat disini menurut Melly ya dia. Tokoh Kakek (Ikranegara) yang sayang pada cucunya namun memiliki pandangan yang berbeda tentang sukses, bisa kita temukan disini. Bahkan tokoh ibunya (Maudy Koesnaedi), bener-bener pas. Reaksinya ga berlebihan. Tak ketinggalan tokoh Bang Dulloh (Ramzi) yang bikin cerita jadi tambah kocak dan santai. Zahra (Marsha Aruan) yang misterius dan pendiam ini, turut berperan, dalam keberhasilan bayu masuk seleksi timnas U-13. Di awal muncul, dia sempet bikin kaget, tapi perannya dimainkan dengan baik. Pak Johan (Ari sihasale) yang jadi pelatih SSI Arsenal ini, bikin cerita jadi tambah pas aja deh!
Dan tentu saja, pemeran utama kita, Bayu Purnomo Jati. Badannya kecil, tapi lincah banget. Dari awal adegan dia maen bola aja, udah bikin naksir. Meskipun awalnya ga PD, karena Heri, dia pun jadi berani dan bertekad untuk masuk timnas. Anak kalo emang punya bakat, pasti ketemu aja ya. Si Emir ini, baru pertama maen film, aktingnya oke juga. kepolosan dan kenekatannya, bikin kita inget, masa kecil dulu (ya gak sih?).

Secara keseluruhan, Melly suka film ini! Berikut adegan dan dialog2 yang Melly suka di GDD:

1. Pas ketauan kakeknya nyimpen bola kempes di balik baju, trus di pukul-pukul pake stik drum. Senyumnyaaaaa lucuuu😄. Trus kakeknya taro bolanya di atas kepalanya Bayu, langsung jatoh ke lantai, berarti rambutnya halus ya (kan pake lifebuoy *duh iklan*)

2. Pas dia nendang bola ke dalem bis pemain bola kesebelasan remaja, lewat jendela bis yang kecil.
Keren, bisa masukin kesitu dengan tepat! (katanya dia paling banyak take ulang disitu)

3. “Saya mo lolos seleksi tim nasional U-13, pake lambang Garuda disini”
Dari kata-katanya yang polos ini, tekadnya kedengeran banget. Bikin terharuu

4. “Denger gua, lu pikir tawaran kayak gini bakal dateng dua kali bay? Belum tentu bay!” terus bayu senyum *manisnyaaa* dan mereka berdua high five. Heri sang motivator kecil kita berhasil mendorong Bayu untuk ikut SSI Arsenal. Good Job Her!

5. “Mau latihan dimana?!” praang “Waduh”
“Duuuh, giliran urusan kayak begini bang Dulloh, ntar kalo bang dulloh digebukin orang kampung gimane dong?!”
Kocak abis.

6. “Yang mesti lo lakuin itu, latihan gymnastic, fitness bay!”
“Gua tuh maunya jadi Bambang Pamungkas, bukan Ade Rai”

7. “Jangan kasih tau kakek ya bu, nanti kalo aku udah masuk tim Nasional, baru kasih tau kakek”
“Tim Nasional?” khas ibu lembut yang pengertian.
“Aku pingin pake iniii” uwoooo tekad dan semangat meraih mimpinya kuat sekalii

Disini juga ada sindiran-sindiran buat pemerintah, kayak:

8. “Nyari lapangan bola di Jakarta mah gampang, yang susah itu nyari lapangan pekerjaan” Betul banget Bang! hehe

9. “Lapangannya udah jadi beton semue, gimana Bola mo maju?” Dan diliatin adegan anak-anak pada maen bola di atap gedung, bayangkan!

10. “Pemain bola itu tidak bermutu, tidak elit. yaa, katanya sekarang dibayar mahal, tapi kalo cedera gimana? nanti seperti bapakmu itu, mati jadi supir Taxi! Sekali lagi kamu bicara soal sepak bola, kamu bukan cucu kakek lagi! Ngerti?!”  Kekhawatiran kakeknya beralasan juga sih, takutnya si Bayu ga jadi orang sukses. Gimana anak Indonesia mau jadi atlit, kalo mereka kurang dihargai, dan dijamin hidupnya.

Adegan cinta monyet Heri dan Zahra juga Melly suka banget:

11. Pas kursi roda Heri keantuk batu di kuburan, si Zahra nolongin “lu gapapa kan Her?” “Gimana sih lu bukannya  bantuin!!” Marah ke Bayu gitu. Bayunya cuma menyahut dengan santai “Dia tuh ga pernah mau dibantuin” Zahra tambah kesel “aah, alesan aja!” jawabnya nyolotin “Emang gitu siih” *Emir lucu banget disini, kayak anak-anak banget*   Akhirnya si Heri ngomong juga “Makasih ya” isengnya Bayu muncul dah tuh “Cieee ciee”  si Heri ngejar bayu pake kursi rodanya “Bay! Bayu! awa ya lu! Baay!”

12. “Yaaaah, apaain nih?!” Si Bayu megang kalung batu punya Zahra di leher Heri.
“Ini bikin pikiran tenang tau!” malu-malu gitu deh
Melly lupa apa, pokoknya trusnya Heri ngomong gini “Zahra itu.. cewek yang uniik..”
“Unik? apa cantiikk??” huwahahahaha, suka banget Melly ngeliat muka iseng emir pas ngomong itu. “Heri suka   Zahra..” berkali-kali. Trus anak-anak laen di sekolah pada nyorakin juga! *berasa ngeliat kisah kasih jaman SD diputar ulang* Dasar anak-anak *sok tua banget*

Adegan yang bikin melly sedih adalah:

13. Pas kakeknya jantungan, trus Bayu nangis ke ibunya, bilang “Gara-gara akuu, huhuhuhu” aduuh sampe mikir kayak gitu, bikin sedih. Trus dengan berat hati dia buang semua atribut bolanya. Dan menyerah pada impiannya demi kakek supaya sembuh lagi. *Klimaks nih*

14. Pas Bayu marah sama Heri karena kakeknya itu, Bang Dulloh bilang, “Kalo maen bolanye berenti, persahabatan mesti berenti juge ye? Sayang ye?” Nyindir sambil nyengar-nyengir, bisa aja bang Dulloh!

Sepertinya Melly suka sama hampir semua adegan di GDD. Abis kata-katanya ringan, simpel tapi ngena.
Uwaaah Seru seru seru! hehehehe

Garudadidadaku04Garudadidadaku07Garuda-di-dadakucaverGarudadidadaku02


Lagu-lagu yang jadi OST.nya GDD, juga pas sama filmnya. Bikin tambah seru dan berdebar-debar. Kayak lagu Garuda di dadaku yang dibawain Netral tuh mantep banget, bikin merinding *kata orang2 sih begitu*. Lagunya Ashila yang rolling juga asik kok, pertama denger kirain Sherina yang nyanyi, hehehe. Iramanya unik.

Pesan yang bisa kita dapetin ialah:

“bahwa janganlah memaksakan kehendak terhadap anak dan biarkan mereka mengejar impiannya” Selain itu juga ada tentang keluarga, persahabatan, dan perjuangan meraih impian serta rasa Nasionalisme juga sepertinya. Di luar dari segala kekurangan yang mungkin ada di film ini, pesan yang disampaikan tuh banyak sekali.. Menurut melly sih film ini cocok untuk keluarga, anak-anak. supaya terinspirasi dan termotivasi, dalam meraih impian kita masing-masing. Jangan mudah menyerah, percaya diri, dan berjuang sekuat tenaga. Oia juga jangan cepat berpuas diri. kayak waktu emir bilang “Stamina gua ancuuur!!” padahal bisa kita liat permainannya udah oke, tapi dia merasa masih ada yang kurang dan perlu dilatih kembali.

Udah deh ya, buat yang belum nonton, buruan nonton ya! hehe. Thanks for your attention!
Tapi Melly juga pengen nonton KING

Read and post comments | Send to a friend

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s