Alasan2 dapet nilai jelek pas ulangan

Di sekolah, tiap kali selesai mempelajari suatu materi, pasti ada ulangannya. Untuk pelajaran yang sulit, kita pasti mengeluh, mulai membayangkan gimana susahnya ngedapetin nilai bagus untuk materi itu, apalagi biasanya nih yang ulangannya mata pelajaran itung2an kayak fisika dan kimia. Ada yang mikir, “bakal begadang nih” atau “minjem catetan dong, mau fotokopi” atau “ajarin dooong, ga ngerti nih yang ini..” atau mungkin ada yang mulai menyusun strategi-strategi jitu untuk bisa nyontek tanpa ketauan guru. Dan mungkin ada beberapa orang yang masa bodo, alias pasrah, atau bahkan santai aja karena merasa udah pinter.
Ketika hasil ulangannya keluar, orang-orang yang nilainya jelek pasti mulai ‘menjelaskan’ alasan kenapa nilainya bisa ga lulus. Biasanya siiih..

1. Duh, emang ga ngerti sih, ya mo gimana lagi..
2. Wuaaa, kemaren ketiduraan, jadi ga sempet belajar deh..
3. Ga tau kalo ada ulangan! Kok gada yang bilangin sih?!
4. Pas itu lagi pergi, pulangnya udah malem, kecapekan, belajar mana sempet!
5. Soalnya susah bangeeeet!!!
6. Ga bawa kalkulator sih, jadi ngitungnya lama!
7. Banyak urusan! Ga ada waktu buat mikirin ulangan
8. Perut sakit parah! Materi yang mana aja ga tau.
9. Ga bisa konsen belajar, tetangga sebelah maen petasan mulu
10. Keasyikan baca komik, jadi lupa sama ulangan

Sebetulnya kalo kita urai kembali, alesan-alesan di atas bisa menjadi omong kosong belaka. Alasan nomor satu, kalo emang ga ngerti cobalah untuk ngertiin, coba tanya temen yang jago, tanya guru, baca-baca, sekalian aja ikut les privat kalo perlu. Dan untuk alasan-alasan lainya, ya kita kan tau sebagai seorang pelajar yang tugas utamanya belajar, harusnya kapanpun ulangan tiba kita harus selalu siap, karena udah belajar tiap hari (harusnya sih gituuu, tapi kenyataannya, hehe).
Bisa ditarik kesimpulan, kalo sebenarnya ga ada alesan yang nyata, ketika kita dapet nilai jelek. Yang harus kita lakukan adalah terus belajar dan berjuang dalam segala hal semaksimal mungkin!!

Read and post comments | Send to a friend

One thought on “Alasan2 dapet nilai jelek pas ulangan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s